Jumat, 02 Mei 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2014



Setelah belajar Ajaran Buddha, mengetahui akan penderitaan enam alam tumimbal lahir, masihkah ingin tinggal di sini? Tidak ingin lagi. Makhluk enam alam tumimbal lahir sangat menderita, andaikata memang ingin membantu mereka, bagaimana caranya? Yakni dengan mempelajari Ajaran Buddha dan melatih diri.

Jika dapat bertemu dengan Ajaran Sukhavati, maka masalah ini akan selesai. Terlahir ke Alam Sukhavati, begitu sampai di Alam Sukhavati, memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, dengan kebijaksanaan, kemampuan gaib, membantu para makhluk di enam alam tumimbal lahir, maka anda dapat kembali lagi, dimana ada makhluk yang kesusahan, anda dapat membantunya. Makhluk yang menderita tak terhitung, maka anda memiliki kemampuan untuk menjelma dalam tubuh yang tak terhitung untuk menolong semua makhluk, ini hal yang bagus! Juga tidak menghalangi diri sendiri melatih diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2014


學了佛之後,知道六道輪迴的真相,還想不想再在這個裡頭待?不想了。六道輪迴眾生苦,我想幫他忙,怎麼辦?學佛,修道。遇到淨土法門,這個問題自然解決了。往生西方極樂世界,一到極樂世界,得到阿彌陀佛本願威神的加持,智慧、神通、道力,幫助六道十法界的眾生夠用了,你就可以倒駕慈航,眾生有苦難,你就能幫助他。無量眾生有苦難,你有能力分身、化身,化無量身救度一切眾生,好事!又不礙自己修行。

二零一四淨土大經科註  (第三十九集)  2014/4/27 










Hari ini kita bertemu dengan pintu Dharma ini, membangkitkan keyakinan mendalam dan tiada keraguan. Bagaimana cara melatih diri? Satu buku sutra, satu penjelasan, sepatah Amituofo, begini sudah cukup. Sutra Usia Tanpa Batas ini harus dibaca, tapi jangan pikirkan artinya, dengan cara membaca sutra untuk melatih samadhi pelafalan Amituofo.

Jika terus memikirkan makna dalam sutra maka samadhi sudah hilang. Kita bukan mengejar maknanya, sutra memiliki makna yang tak terhingga, jika kita mengejar maknanya, maka akan berpikir sembarangan, ini sudah salah secara keseluruhan. Seluruh sutra Buddha baik Mahayana maupun Hinayana, semuanya memiliki makna yang tak terhingga.

Jika kita tidak melatih samadhi dan prajna, tidak mengejar pencerahan, hanya melakukan apa yang tertera dalam sutra, ini adalah praktisi dengan akar kebijaksanaan rendah. Adakah manfaatnya? Ada. Manfaat apa yang diperoleh? Pada kelahiran mendatang jadi manusia, jika melatih lebih baik maka jadi Dewa, tidak bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir ; jika ingin keluar dari enam alam tumimbal lahir, tidak bisa tidak melatih sila, samadhi dan prajna.

Sila adalah cara, peraturan, “membaca sutra ribuan kali”, ini adalah cara, “maknanya muncul dengan sendirinya”, ini adalah hasil. Makna dalam buku dapat dipahami dengan pencerahan mendadak, apa maksudnya? Dari samadhi maka memperoleh prajna (kebijaksanaan). Di dalam peraturan yang paling penting adalah “menfokuskan diri pada satu pintu Dharma, melatihnya berkesinambungan dalam kurun waktu yang panjang”.

Jika belajar terlalu beragam, anda tidak mampu memperoleh samadhi, dia akan menghalangimu memperoleh samadhi. Samadhi adalah menfokuskan perhatian. Melepaskan semua kemelekatan, termasuk ajaran sutra yang beragam juga harus dilepaskan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2014



我們今天遇到這個法門,深信不疑。怎麼修行?一部經、一部註解、一句佛號就行了。這一部經要去念,不要去想,用讀經的方法修念佛三昧。如果想經裡頭什麼意思,定就沒有了。我們不是求解義,經是無量義,我們要求解義,那就是胡思亂想,完全錯了。一切佛經,大小乘佛經,統統是無量義。如果我們不求定、不求慧、不求開悟,經典裡面佛怎麼教我,我就怎麼樣去做,這是下下根人學佛。能不能得受用?能。得什麼受用?來生可以得人身,修得好的可以生天,告訴你出不了六道輪迴;要想出六道輪迴,不能不知道戒定慧。戒是方法、是規矩,「讀書千遍」,這就是方法,「其義自見」,那就是結果。書裡頭的意思豁然明白了,這是什麼?從定開慧了。規矩裡頭最重要的是「一門深入,長時薰修」。學得太多太雜,你不能得定,它障礙你得定。定就是一心。放下萬緣,連經教都要放下。

二零一四淨土大經科註  (第四十集)  2014/4/27