Semoga dalam satu kehidupan ini juga kita dapat
kembali kepada Jiwa KeBuddhaan kita, kembali ke Alam Dharma Tunggal Sejati, tanah
suci para Buddha, ini dapat diwujudkan oleh setiap insan, ini adalah benar dan
nyata adanya, sedangkan yang lainnya adalah palsu dan semu. Bagaimana cara kita
untuk mewujudkannya? Cara ini sungguh menakjubkan, yakni metode yang digunakan
oleh seluruh Buddha di sepuluh penjuru untuk mencapai KeBuddhaan, yang paling
menakjubkan yakni melafal Amituofo.
Maka itu Master Hai Xian menasehati para praktisi
pelafal Amituofo bahwa betapa pentingnya melafal Amituofo, sedangkan yang
lainnya sepatutnya dilepaskan keseluruhannya, bersih hingga tak ternodakan oleh
setitik debu, seluruh kemelekatan telah dilepaskan, benar-benar telah dilepaskan.
Jika benar-benar telah dapat melepaskan maka dalam
memperlakukan orang lain akan serupa dengan Bodhisattva dan Arahat, dalam hidup
berdampingan dengan orang lain, dapat mewujudkan sepuluh hal berikut, yakni “berterimakasih
pada orang berbudi, memaafkan musuh, membantu orang yang menderita, menolong
yang tidak mampu, menyeimbangkan batin orang berambisi, menuntun orang yang
bodoh batinnya, mempengaruhi orang jahat kembali ke jalan yang benar,
memotivasi orang baik, memberi peringatan bagi orang lengah agar mawas diri,
menyadarkan mereka yang tersesat”, dengan sendirinya sepuluh hal ini dapat anda
lakukan, ini yang disebut dengan melatih diri.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Juni 2014
讓我們在這一生當中回歸自性,回歸一真法界,諸佛如來的實報莊嚴土,這個是人人可以做得到,這個是真的,其他的全是假的。我們今天用什麼方法來做?這個方法妙絕了,十方一切諸佛成佛方法,第一奇妙的就是念佛。所以海賢老和尚勸人念佛,念佛要緊,念佛重要,其他的全都是假的。假的就應該放下,徹底放下,放得乾乾淨淨、一塵不染,全放下了,真放下了。真放下,對人肯定像菩薩、像阿羅漢一樣,能夠做到與人相處的十樁事,「感謝恩人,原諒仇人,幫助苦人,救濟窮人,調伏狂人,啟導愚人,感化惡人,鼓勵善人,警策懶人,醒覺迷人」,十樁事情你自自然然會做到,這叫修行。
二零一四淨土大經科註 (第五十一集) 2014/6/1