Senin, 22 Desember 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2014



Di dalam pikiran praktisi pemula pasti banyak bentuk-bentuk pikiran, lepaskanlah bentuk-bentuk pikiran tersebut dan tumpukan pikiran ke dalam sepatah Amituofo. Melafal Amituofo adalah melatih samadhi, menfokuskan pikiran ke dalam sepatah Amituofo, takkan membiarkannya terpencar, alasannya terletak di sini.

Setelah ketrampilan melatih diri telah mendalam dan telah melewati satu kurun waktu yang lama, dengan sendirinya takkan ada khayalan lagi, maka ini sudah berhasil, yang disebut mencapai samadhi. Dengan tercapainya samadhi maka kebijaksanaan akan terbuka, maka itu dengan mengamalkan sila diperoleh samadhi, dengan tercapainya samadhi maka terbukalah prajna, dengan munculnya kebijaksanaan maka tiada yang tidak diketahui.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2014
 

初學的人心裡面總是有念頭,把念頭放下,專念阿彌陀佛。念阿彌陀佛就是修定,把念頭集中在一點,不讓它散開,道理在此地。功夫深了,時間久了,自自然然沒有妄念,那就成功了,那叫得定。定開智慧,定起作用就是智慧,所以因戒得定,因定開慧,智慧現前,無所不知。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四四集)  2014/12/8 








Master Hai Xian melepaskan segala kemelekatan, di dalam hatinya hanya ada  sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo tiada lagi yang lainnya. Suatu hari ada yang hendak mencuri tanaman jagungnnya, kemudian tertangkap basah olehnya. Master berkata pada pencuri tersebut agar jangan takut, lalu mempersilahkan si pencuri untuk memetik jagung sesuai dengan keinginannya, sementara master sendiri berlalu dari tempat tersebut. 

Pencuri jagung tidak menyangka Master Hai Xian bisa begitu bermaitri karuna, bagaimana mungkin di hatinya tidak timbul rasa hormat pada master? Selanjutnya apakah dia masih berani mencuri lagi? Tidak berani lagi. Selanjutnya terlebih dulu dia akan minta ijin pada master, setelah master mengijinkannya barulah dia pergi memetik jagung.

Master Hai Xian tidak menaruh apapun di dalam hatinya, baik orang, masalah dan sebagainya, hanya satu yang ditaruhnya di dalam hati yakni Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, ini adalah tempat yang senantiasa ingin ditujunya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2014

海賢老和尚萬緣放下,心裡就是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。他種的這些糧食,有人去偷他的,我們看到光碟裡頭有一段,有人偷他的玉米,被他發現了。他叫人家不要害怕,你想去掰你就隨便去掰,撿大的去掰,不要害怕,自己從旁邊走了。這就是什麼?無所住心,那就是佛法。這個偷玉米的人沒有想到老和尚這麼慈悲,他能不尊重嗎?能不敬仰嗎?以後敢不敢?不敢了。以後可以問老和尚要,老和尚可以說,你自己去掰去。一點都沒有放在心上,沒有把人放在心上,沒有把事放在心上,也沒有把萬物放在心上,真正放在心上的就是極樂世界阿彌陀佛,是他念念嚮往的,對了。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四四集)  2014/12/8 








Setiap pintu Dharma mengharuskan praktisinya untuk melepaskan bentuk-bentuk pikiran, perbedaan dan kemelekatan, ini merupakan prinsip utama. Andaikata anda tidak melepaskan kemelekatan, maka ini bukanlah Buddha Dharma. Oleh karena anda tidak sanggup melepaskan semua kemelekatan, maka itu mengajari anda satu cara, yakni melafal Amituofo, dengan melafal Amituofo kita melepaskan kemelekatan dan memilih Alam Sukhavati, anda pasti dapat terlahir di Alam Sukhavati.

Demikian juga dengan pintu Dharma lainnya, anda hanya boleh memilih satu jalur, anda tidak boleh berjalan di dua jalur. Bila sekaligus mempelajari dua pintu Dharma, hati anda sudah bercabang, anda tidak mampu terfokus, akhirnya yang anda peroleh hanyalah pengetahuan semata, tidak bisa mencapai samadhi.

Tujuan Ajaran Buddha adalah mengajari anda untuk mencapai samadhi, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma adalah sila, hanya dengan menfokuskan diri pada satu pintu Dharma barulah samadhi diperoleh, dengan tercapainya samadhi maka terbukalah prajna, dengan terbukanya kebijaksanaan, barulah merupakan tujuan yang sebenarnya.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2014


每個法門都要放下起心動念、分別執著,這是總原則。你要不放下,這不是佛法。佛法無論哪個法門,你只放下,因為你不能完全放下,教你用一種方法,就像我們現在用阿彌陀佛,阿彌陀佛以外全放下,咱們就用阿彌陀佛取西方極樂世界,你決定得生。其他法門也是一樣的,你只能走一條路,你不能走兩條路。同時學幾個法門,你的心分散了,你的力量不能集中,結果你所得到的是知識,你得不到定。佛法它的目的是教你得定,一門深入是戒,唯有一門容易得定,得定之後就能開智慧,開智慧才是真正的目的。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四四集)  2014/12/8 









Tujuan dari Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma pada para makhluk hanya satu, demikian pula para Buddha dari masa lampau, sekarang dan yang akan datang, selamanya takkan berubah, yakni membantu semua makhluk untuk menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan.

Menjauhi penderitaan yang sesungguhnya, apa yang dimaksud dengan penderitaan yang sesungguhnya? Yakni enam alam tumimbal lahir, Dasa Dharmadhatu (Alam Buddha, Bodhisattva, Pratyeka Buddha, Arahat, Dewa, Manusia, Asura, Binatang, Setan Kelaparan dan Neraka), inilah yang disebut dengan penderitaan yang sesungguhnya. Maka itu Buddha membantu kita agar terlepas dari enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu, menjauhi penderitaan yang sesungguhnya.

Memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya, kebahagiaan yang sesungguhnya adalah Alam Sukhavati; dengan perkataan lain, membantu para makhluk, mengantar mereka ke Alam Sukhavati dan belajar pada Buddha Amitabha, inilah yang disebut dengan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Maka itu semua sutra dan sastra menunjukkan jalan bagi kita untuk berpulang, yakni membimbing kita ke Alam Sukhavati. Dengan terlahir ke Alam Sukhavati, maka misi para Buddha dan Bodhisattva untuk menyelamatkan dirimu telah sempurna, karena anda telah terselamatkan, hal ini tidak boleh tidak diketahui.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2014


佛陀在世間教化眾生的目的只有一個,古佛如是,今佛如是,未來佛亦如是,不會變的,什麼目的?幫助一切眾生離苦得樂。離苦,離究竟苦,究竟苦是什麼?是六道輪迴、是十法界。幫助眾生脫離六道、脫離十法界,叫離究竟苦。得究竟樂,究竟樂是西方極樂世界;換句話說,把這個眾生,幫助他、送他到極樂世界去親近阿彌陀佛,這叫得究竟樂。所以千經萬論處處指歸,都是指導你到西方極樂世界。你往生到西方極樂世界,諸佛菩薩度這個眾生圓滿了,他真正得度了,這一點我們不能不知道。

文摘恭录 二零一四淨土大經科註  (第一四四集)  2014/12/8