“Di Zi Gui” merupakan tindakan
nyata dari ayahbunda untuk diperlihatkan kepada anak-anaknya, dengan cara
inilah mendidik anak-anak, jadi bukanlah mengajari anak-anak agar bisa
menghapalnya. Andaikata Oma Opa masih hidup, maka sebagai ayahbunda harus dapat
berbakti pada Oma Opa agar si cucu dapat meneladani sikap bakti ayahbunda,
setiap hari si cucu melihat perlakuan bakti ini, hingga berusia tiga tahun, dia
sudah dapat membedakan mana yang baik dan buruk, dia akan menolak hal yang
buruk dan menerima yang baik.
Maka itu pepatah Tiongkok mengatakan “Dengan melihat kepribadian anak di
usianya tiga tahun, kita sudah dapat melihat kepribadian sepanjang hidupnya
(usia 80 tahun sebagai patokan)”, jika anak dididik dengan baik hingga usia
tiga tahun maka sang anak akan dapat menggenggam prinsip hidup yang baik hingga
usia 80 tahun juga takkan berubah, akar ini telah ditanam dengan kuat.
Akar budi pekerti yang ditanam ini akan menghasilkan seorang insan suci,
meskipun tidak mencapai taraf orang suci sekalipun, namun dia akan jadi insan yang bijak. Maka itu insan suci dan
bijak adalah hasil didikan, demikian juga Buddha dan Bodhisattva, dari dasar
insan suci dan bijak meningkatkan kualitas diri menjadi Buddha dan Bodhisattva.
Masa kini pendidikan moral sudah terabaikan, saat kita membicarakan hal ini,
orang lain takkan percaya, mana mungkin masih bisa dipulihkan kembali? Maka itu
kita harus membuktikan pada masyarakat, kita harus serius melakukannya.
Saat kini tayangan di televisi sungguh mencelakakan, internet
menimbulkan bahaya yang sungguh parah, masih ada telepon genggam, semua ini
tidak boleh digunakan, dengan adanya benda-benda ini, bagaimana hati manusia
tidak kalut? Semua benda ini harus dilepaskan, saat indera kita mengadakan
kontak dengan kondisi luar, mata melihat dan telinga mendengar, daya pikat
keadaan di luar sungguh besar, sekarang kekuatannya lebih rumit daripada 50
tahun yang lalu.
Tahun 1977 merupakan saat pertama kali saya menginjakkan kaki di
Hongkong untuk berceramah, Hongkong masih begitu lugu dan sederhana, saat itu
di atap Taksi masih belum dibubuhi dengan iklan. Sekarang seluruh Taksi
dipenuhi dengan iklan, sungguh mengganggu pemandangan. 30 tahun yang lalu
Hongkong masih dipenuhi dengan kehangatan hidup berbudi pekerti yang lebih tebal
daripada saat sekarang, sesama insani takkan saling tipu menipu, namun kini
hati manusia telah berubah keseluruhannya. Tempo dulu meskipun bertemu dengan
orang yang tak dikenal, namun masih ada rasa saling hormat menghormati, namun
kini juga tiada lagi.
Maka itu agar masyarakat dapat kembali pada budaya tradisional warisan
para leluhur, kami yakin ini harus mengandalkan kebajikan dari leluhur, harus
mengandalkan perlindungan dari Buddha dan Bodhisattva. Kita harus mengerahkan
segenap kemampuan untuk memberi teladan dalam tindakan nyata, dalam kewajiban
dan peranan masing-masing, memberikan teladan yang terbaik. Setiap bidang
pekerjaan dapat saling bekerjasama, ini yang paling bagus, menjadi contoh yang
baik bagi masyarakat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2014
《弟子規》是父母做出來給小孩看的,是這樣教他的,不是教他念的。父母他自己的父母還在,盡孝道讓小孩看到,天天看,看到三歲,看到一千天,他就有能力辨別是非善惡,惡的他會排斥,他不接近,善的他生歡喜心,他有這個能力。所以中國古諺語有句話說,「三歲看八十」,三歲孩子教好,能夠掌握到八十歲不會轉變、不會改變,這根紮得好。這個根紮下去是聖人,他達不到聖人,他是賢人。所以聖賢教出來的,佛菩薩也是教出來的,從聖賢的基礎向上提升就是佛菩薩。現在這個教育沒有了,講起來人不相信,如何恢復?那就是我們要做給社會大家看,一定要認真。
現在這個電視很麻煩,網路害人更嚴重,還有手機,統統不能用,有這個東西,人怎麼能不心浮氣躁?不可能。這些東西統統擺脫掉,緣都給它斷掉。我們見色聞聲,外面誘惑力量比五十年前複雜多了。我是一九七七年第一次到香港來講經,香港還很純樸,那時候巴士上還沒有廣告。現在巴士全是廣告,多難看。三十多年前的香港的風氣比現在厚道多了,人跟人不騙人,現在的人心完全變了。那個時候就是陌生人也尊重別人,現在完全沒有了。這個社會恢復傳統文化,我們相信這樁事情要靠祖宗之德,要靠佛菩薩眾神來保佑。我們自己努力做好榜樣,自己在自己的本分上,我們從事哪個行業,在自己的本分崗位上做最好的榜樣。各個行業聯合起來,這就是最好的、典型的模範社會。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十九集) 2014/8/25
Kita meneladani Master Hai Xian, di dalam lubuk hatinya hanya ada
sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo, tidak ada lagi yang lainnya. Saat
makan, di dalam hati melafal Amituofo, tak terpikir apakah sepiring sayur ini
enak atau tidak, tidak ada niat pikiran sedemikian, hanya ada lafalan Amituofo
yang diulang berkesinambungan tak terputus; saat bekerja, berladang, menanami
sayuran, apapun yang dilakukan tetap diiringi dengan melafal Amituofo.
Di hatinya hanya ada Amituofo, segala pekerjaan dan aktivitas dilakukan
serupa dengan orang lain pada umumnya, hanya saja di hati melafal Amituofo
berkesinambungan, ini yang disebut ketrampilan melatih diri. Ketrampilan yang
benar memunculkan kebijaksanaan, maka itu dalam memperlakukan orang lain dan
makhluk lainnya baik makhluk hidup maupun benda mati, dalam menangani
permasalahan juga akan terselesaikan dengan baik, takkan melakukan kesalahan.
Segala permasalahan hidup manusia dapat terjawab, saat ada umat yang datang
memohon bimbingan dari anda, anda langsung memberi jawaban tanpa harus
berpikir, dan ucapan anda juga takkan salah. Mengapa demikian? Karena tidak
menggunakan hati khayal. Hati khayal adalah alaya-vijnana, kesadaran ke-8 ini merupakan
pikiran khayal, Master Hai Xian tidak menggunakannya, namun mengubah pikiran
khayal menjadi prajna kebijaksanaan. Kesadaran ke-7 adalah kemelekatan,
kesadaran ke-6 adalah membeda-bedakan; delapan kesadaran berubah
menjadi empat jenis kebijaksanaan Tathagata, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat,
mewujudkan segala jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.
Sepanjang hidup Master Hai Xian, perbedaan dan kemelekatannya hanyalah sepatah
Amituofo, selain ini tidak ada lagi yang lain, segala perbedaan dan kemelekatan
sudah dilepaskannya, karena itu apapun yang dilihatnya, dia tetap merasa
bersukacita. Mengapa demikian? Ini yang disebut dengan menemukan kembali jiwa
sejati. Maka itu dalam menyelamatkan para makhluk, takkan menaruh hal ini di
dalam hati. Jika demikian apakah beliau dapat menangani urusan dengan baik?
Saat menangani masalah dia akan memusatkan perhatian pada penyelesaian masalah
tersebut, namun setelah selesai dia takkan menaruhnya lagi di dalam hati.
Praktisi yang memiliki ketrampilan melatih diri yang bagus, bahkan saat
sedang menangani permasalahan, juga takkan menaruhnya di hati, karena sudah
trampil. Hari ini kita meneladani Master Hai Xian, dalam setiap waktu dan
segala tempat senantiasa melafal Amituofo, selain Amituofo tidak ada lagi hal
lainnya. Master Hai Xian sepanjang hidupnya dapat meraih keberhasilan karena
sepatah Amituofo ini, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya,
melatihnya berkesinambungan dalam jangka panjang. Dia orangnya patuh dan serius
mengamalkan sesuai dengan ajaran, selama 92 tahun tidak pernah beralih ke
metode lainnya, melafal berkesinambungan tak terputus.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2014
我們學海賢就對了,海賢心裡就是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。吃飯心裡是阿彌陀佛,沒有想到這個菜好吃,那個不好吃,沒有這個念頭,阿彌陀佛不間斷;工作,種田、種菜,幹什麼都是阿彌陀佛。心是阿彌陀佛,事跟大家一樣幹,心是阿彌陀佛,這叫真功夫。真功夫生真智慧,所以待人接物處理得都非常恰當,沒有把事情做錯。眾生疑難雜症向你請教,你隨口就給他解答,沒有說錯。這就是什麼?不用妄心。妄心是阿賴耶,八識五十一心所是妄心,他不用,叫轉八識成四智。轉阿賴耶為大圓鏡智,照見萬法;轉末那,末那是執著,把末那轉變為平等性智;把第六意識轉變為妙觀察智,六識是分別,七識是執著,不分別、不執著;轉前五識為成所作智,成就一切無量無邊功德;這就是四智菩提。第六意識不分別就是妙觀察,不執著就是平等性,轉從這兩個轉,這兩個因上轉,第八跟前五跟著就轉了,果上轉。所以修行只要修這個,不分別、不執著,在這上下功夫。
海賢老和尚一生,分別執著是阿彌陀佛,除這個之外什麼都沒有,真的一切分別執著統統放下,所以看什麼都好,看什麼都歡喜。為什麼?全是自性變現的,全是性德,這就叫明心見性。在所有現象裡面看到法性,清清楚楚。法性不生不滅,法相是極高的速度,高頻率產生整個宇宙的幻相。所以他無願,度眾生不把度眾生的事情放在心上。那這事能做得好嗎?做事的時候用心,我們講做完之後不放在心上。功夫好的人,正在做的時候也不放在心上,純熟了。我們今天學海賢,無論一切時、一切處全是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外沒有第二樣東西。這個人一生成就就得力於這一聲佛號,一門深入,長時薰修。讀書千遍,其義自見,他念阿彌陀佛不止千遍,真聽話,真幹,九十二年不拐彎,一直念下去。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十九集) 2014/8/25
Kondisi kesehatan tubuh kita, hari ini ada seorang rekan saat makan
siang tadi memberitahu padaku bahwa
mereka membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, memusatkan perhatian membacanya, semua
penyakit dapat disembuhkannya. Apakah hal ini mengherankan? Sedikitpun tidak
mengherankan, ini merupakan hal yang normal.
Master Hai Xian, saat mengalami penyakit apapun, beliau menyembuhkannya
dengan sepatah Amituofo, sepatah Amituofo dapat mengobati segala jenis
penyakit. Ini adalah kekuatan pikiran, asalkan pikiran dapat terfokus, maka
dapat mengubah fenomena fisik. Andaikata fisik kita terserang virus penyakit,
maka ini jadi tidak sehat dan kita akan jatuh sakit. Namun ketika pikiran jadi
suci, di dalam pikiran yang suci tersebut tidak ada virus penyakit, maka virus
penyakit di dalam fisik juga jadi tidak ada, kondisi fisik akan jadi pulih dan
sehat kembali.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2014
我們身體狀況,今天有位同學,中午吃飯的時候告訴我,他們念《無量壽經》,專心去念,什麼毛病都能治好。這稀不稀奇?不稀奇,正常的。海賢老和尚,什麼樣的疾病他就一句阿彌陀佛,一句阿彌陀佛能治病。這是什麼?念力的能量,只要把念頭集中,就能改變物質現象。物質現象帶著有病毒,這就不健康,生病了。念頭要清淨,念頭裡頭沒有病毒,物質現象裡面的病毒也就沒有了,他健康就恢復。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十九集) 2014/8/25
Lihatlah saat kini di Daratan Tiongkok yang sedang gencar-gencarnya
menentang buku “Sutra Usia Tanpa Batas” yang dirangkum oleh Upasaka Xia
Lian-ju, sudah berapa banyak praktisi pelafal Amituofo yang jadi mundur
gara-gara hal ini, tidak berani belajar lagi, lalu mengganti dengan buku “Sutra
Usia Tanpa Batas” versi lainnya, beralih ke buku sutra versi terjemahan Master
Sanghavarman.
Banyak umat yang datang padaku, mengatakan bahwa buku versi rangkuman
Upasaka Xia Lian-ju tidak bisa diandalkan. Saya mengatakan pada mereka, anda
boleh saja beralih ke versi lain, namun saya tetap akan berpegang pada
pendirianku semula, takkan berubah buat selamanya. Dia bertanya lagi, mengapa?
Saya menjawabnya bahwa buku “Sutra Usia Tanpa Batas” yang dirangkum oleh
Upasaka Xia Lian-ju ini adalah warisan dari guruku (Upasaka Li Bing-nan) kepada
diriku, saya memiliki keyakinan yang besar terhadap guruku.
Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) yang mewariskan buku sutra versi rangkuman
ini kepada diriku, apakah mungkin ada kesalahan? Apakah beliau akan mencelakai
diriku? Mana mungkin! Saya sendiri pernah mendengar Guru Li menceramahkan
“Sutra Usia Tanpa Batas”, tapi bukan versi rangkuman ini, tapi versi terjemahan
Master Sanghavarman, maka itu versi terjemahan ini sudah pernah saya pelajari
sebelumnya, mengerahkan segenap perhatian untuk mendengar ceramah guru.
Tetapi guruku telah menyerahkan padaku buku sutra versi rangkuman ini,
saya begitu bersukacita ketika membaca buku sutra ini. Guru Li sendiri juga
pernah menceramahkan versi rangkuman ini sebanyak satu kali, bahkan menggunakan
pena kuas menulis sendiri penjelasannya, langsung menulisnya di atas buku
sutra, kemudian menyerahkan buku sutra ini kepadaku.
Setelah menyerahkannya padaku, maka buku sutra ini jadi membawa manfaat,
andaikata diserahkan pada orang lain maka takkan efektif. Setelah guru wafat,
saya mencetak buku sutra ini sebanyak 10 ribu jilid, hingga sekarang mungkin
sudah melebihi jutaan jilid, karena itu mewariskan padaku akan jadi efektif.
Saya telah menceramahkan buku sutra versi rangkuman ini, waktu itu di Kanada,
Amerika, lebih kurang sudah sebanyak sepuluh kali.
Avatamsaka Sutra merupakan sutra ukuran besar, sedangkan “Sutra Usia
Tanpa Batas” merupakan sutra ukuran sedang dan Amitabha Sutra adalah sutra
ukuran kecil, tiga sutra ini merupakan satu kesatuan, yakni membahas topik yang
serupa. Maka itu kita harus memahami bahwa kita tidak boleh mengkhianati guru
sendiri, apa yang telah diwariskan oleh guru kepada diriku, saya akan
menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, pasti akan memperoleh
keberhasilan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2014
你看現在大陸上對於這個會集本,反對的多少,批評的多少,多少念佛人修這個法門的退心了,不敢學了,改換經本,換康僧鎧的本子。有很多人來給我說,這會集本不可靠。我說你們改我不能改。他說為什麼?我說我這個本子是老師傳給我的,我對老師有信心。李炳南老居士給我的,那還會錯嗎?他還會害我嗎?不可能的。我在他會下聽了一部《無量壽經》,不是這個本子,康僧鎧的本子,所以康僧鎧的本子我學過,非常用心從頭到尾聽過一遍。但是老師把這個本子傳給我,我看這個本子特別喜歡。老師過去講過一遍,自己用毛筆寫的註解,就寫在經本上。這個本子他給我了,給我起作用,要給別人不起作用。老師往生之後,我把它印了一萬本,現在印得多了,恐怕超過百萬,給我起作用。我過去用這個本子講,那個時候在美國、加拿大,先後講過十遍。那個時候講《華嚴經》,《華嚴》跟這個是同一部,《無量壽經》的大本就是《華嚴》,中本是《無量壽經》,小本是《阿彌陀經》,這三個經是一體的,講一樁事情。所以我們一定要曉得,我們絕不背師叛道,老師教給我的,我這一門深入,決定會有成就。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十九集) 2014/8/25