Jasa kebajikan dan berkah kebajikan tidaklah sama,
berkah kebajikan adalah Dharma duniawi, sedangkan jasa kebajikan adalah Dharma
non duniawi. Jasa kebajikan dan berkah kebajikan adalah serupa, perbedaannya
ada pada hati. Melakukan kebajikan dan masih mendambakan dunia ini maka
perbuatan baik berubah menjadi berkah kebajikan; jika setiap niat pikiran
adalah bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka kebajikan yang anda timbun
berubah menjadi jasa kebajikan, jadi perbedaannya terletak pada hati.
Memutuskan kejahatan dan memupuk kebajikan,
menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, semuanya dilimpahkan bertekad ke Alam
Sukhavati, menjadi bekal tanah suci, ini sangat bagus. Jika malah memohon
pahala Alam Dewa dan Manusia maka celakalah. Apakah pahala Alam Dewa dan Manusia
boleh diperoleh? Boleh, insan yang memiliki berkah kebajikan besar terlahir di
Alam Dewa, menjadi Raja Dewa atau di alam manusia menjadi raja manusia.
Namun andaikata sempat melakukan kejahatan maka
akan mengurangi pahala. Andaikata di dalam garis hidup, kelak anda akan
memiliki harta sebanyak 10 miliar, namun karena melakukan kejahatan sehingga
jumlah yang akan anda terima jadi berkurang setengah, yakni 5 miliar saja, anda
sendiri masih merasa begitu bangga dengan harta sebanyak itu, padahal sudah dipotong,
bahkan bukan hanya ini saja, sampai-sampai ada kejadian konglomerat yang
mengumumkan kebangkrutannya, mengapa demikian? Ini karena pahalanya sudah
habis, masa tua dilewati dengan kesusahan, orang semacam ini banyak di dunia
ini, dimana-mana bisa dijumpai.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2014
功德跟福德不一樣,福德是世間法,功德是出世間法。功德跟福德是相同的,沒有什麼兩樣,用心不一樣。留戀世間一切善行,善行都變成福德;如果念念求生淨土,那你所修積的全變成功德,用心不一樣。斷惡修善,積功累德,統統迴向往生西方極樂世界,做為淨土資糧,這個好。如果求人天富貴就壞了。人天富貴能不能求?能求,真正大福德,到天上去做天王了,人間是人王。造作不善,折損福報。你命裡頭有一百億的財富,你將來是大企業家,財產百億。如果心行不善,打對折了。對折還有五十億,自己還很傲慢,認為自己有這麼大的財富,其實打對折了,去掉一半。甚至於人壽命還沒有終了,宣告破產,那是什麼?福報盡了,晚年幾年日子非常難過,這樣的人在這個世間多,到處都能看見。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十一集) 2014/8/13
Memberi persembahan kepada Buddha, ladang berkah
yang dimiliki Buddha sungguh besar, terunggul tiada taranya, apa yang kita
danakan tidak banyak, namun berkah yang akan diperoleh sangat banyak, pahala
yang besar. Tetapi sebagian orang tidak memahami hal ini, karena pada masa
sekarang banyak tindakan pemalsuan di dalam masyarakat ini, bahkan dalam hal
pemujaan terhadap Buddha, juga banyak yang menyamar dan memalsukan, hal ini
bukan saja tidak memiliki berkah, bahkan menciptakan karma buruk.
Untuk memahami hal ini dengan jelas, maka harus belajar
ajaran sutra, mendalami Sutra Pitaka, barulah anda dapat mengenalinya, lihatlah
di dalam pintu Ajaran Buddha banyak sekali dibangun vihara, vihara mana yang
memiliki berkah yang sesungguhnya dan mana yang bukan. Vihara yang berwibawa
sehingga umat yang melihat timbul sukacita di hatinya kemudian melakukan
namaskara, ini memiliki berkah; andaikata dapat membantunya sehingga mencapai
pencerahan, maka berkah ini akan lebih besar lagi; membantunya mencapai
kesucian, maka berkah ini akan lebih besar lagi, ini barulah disebut ladang
berkah.
Ruang kebaktian pelafalan Amituofo yang begitu
kecil juga dapat memupuk pahala besar. Di dalam literatur Tanah Suci kita dapat
membaca bahwa Bodhisattva Jueming Miaoxing bersama rekan-rekannya seluruhnya
berjumlah delapan orang, mereka membangun sebuah ruang kebaktian pelafalan
Amituofo yang kecil, untuk berkumpul bersama melafal Amituofo, akhirnya delapan
orang ini semuanya berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, jasa kebajikan dari
ruang kebaktian kecil ini sungguh unggul tiada taranya!
Lihatlah sebuah ruang kebaktian yang kecil ini
dapat menghasilkan delapan Buddha. Andaikata umat yang memberi dukungan pada
ruang kebaktian pelafalan Amituofo, memberi persembahan satu kali hidangan
makan, atau memberi persembahan, maka pahala ini bila dibandingkan persembahan
lainnya akan berlipat ganda hingga ratusan kali, bahkan beribu-ribu kali,
kebenaran ini tidak boleh tidak diketahui.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2014
供佛,佛這個福田大,無比殊勝,我們所施不多,得福很多,得大福報。可是一般人對這樁事情了解不夠透徹,因為在現在這個社會仿冒的事情很多,連供佛也有仿冒的,那就沒福了,不但沒福,造業,不能不知道。把這樁事情搞清楚、搞明白,那就得學經教,深入經藏,你才認識,你看佛教裡面寺院庵堂多,哪裡有福,哪裡不是真的福。莊嚴道場,讓大眾見到了生歡喜心,低頭拜一拜,有福;如果能幫助他開悟,福就大了;幫助他證果,這個福就更大了,那真是福田。小小一個念佛堂修大福報。我們在淨宗典籍裡面看到,覺明妙行菩薩,他們這一夥人不多,只有八個人,建立一個小念佛堂在一起共修,八個人都往生了,這個小念佛堂的功德殊勝無比!你看這麼小念佛堂,成就八尊佛。如果在這個小念佛堂護持,供齋一餐,或者供養,那個福報比在其他地方供養百倍、千倍都不止,這個道理不能不知道,真正修行人。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十一集) 2014/8/13
Mengenai
bermacam-macam buah akibat yang akan diperoleh oleh praktisi pelafal Amituofo, Master Ci Yun menjelaskannya di dalam sebuah karya
tulisnya yang berjudul “Penjelasan Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama
Buddha Dengan Sempurna Tanpa Rintangan”, pada waktu dulu ketika saya
menceramahkan tentang topik ini juga memakai buku karya beliau ini, pada
halaman terakhir, beliau menulis tentang seratus jenis akibat yang berbeda-beda
dari praktisi pelafal Amituofo.
Yang pertama adalah Neraka Avici, saat pertama saya
membacanya jadi bingung, bukankah melafal Amituofo adalah perbuatan baik,
mengapa bisa jatuh ke Neraka Avici? Saya membawa buku ini dan pergi bertanya
pada Guru Li (Upasaka Li Bing-nan), begitu membacanya, Guru Li menjawab, ini
masalah serius, saya takkan menjelaskan pada dirimu seorang saja, namun saya
akan menjelaskan hal ini dalam ceramah umum agar semua orang dapat ikut
mendengarnya.
Apa sebabnya? Yakni mengatasnamakan “melafal
Amituofo” lalu menggalang dana dari umat untuk membangun vihara, sementara dirinya
sendiri mengejar keuntungan dan ketenaran, tidak memiliki keyakinan dan tekad
untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Dengan pikiran dan tindakan semacam ini
melafal Amituofo, maka jatuh ke Neraka Avici.
Maka itu apakah ketrampilan melafal Amituofo itu
bisa efektif atau tidak, apakah dapat memperoleh manfaat sesungguhnya atau
tidak, semuanya tergantung pada hati. Hati apa yang harus digunakan? Melepaskan
kemelekatan. Apakah anda dapat melepaskan kemelekatan? Melepaskan ketenaran dan
keuntungan, melepaskan Tujuh Perasaan (suka, marah, sedih, senang, cinta,
benci, nafsu keinginan) dan Panca Kamah (harta, rupa, ketenaran, makanan,
tidur).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 13 Agustus 2014
所以念佛人,慈雲灌頂法師他有一本《大勢至菩薩念佛圓通章》的註解,我過去講《圓通章》就是參考用他這個本子來講,末後最後的一頁,他提出念佛一百種不同的果報。第一種無間地獄,我當時看到這個大惑不解,念佛是好事情,怎麼會墮無間地獄?我拿著這個本子去問李老師,李老師一看,這大問題,我不給你講,我講經的時候給大家講。什麼原因?打著念佛的招牌,打這個招牌召集一些人建一個道場,自己完全搞名聞利養,對念佛往生沒有信心、沒有願心,他完全是在搞名利,這樣的心行念佛,墮無間地獄,頭一條。所以念佛功夫能不能得力,能不能得真實利益,完全在用心。用什麼心?放下。你能不能放下?放下名聞利養,放下七情五欲。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第九十一集) 2014/8/13
Orang awam selalu berharap bisa kaya raya, sedangkan
harta itu sudah ditentukan dalam garis hidup, bukanlah ditentukan oleh diri
sendiri. Jika di dalam garis hidup tidak memiliki kekayaan maka haruslah merasa
puas, mengapa demikian? Bukanlah Tuhan yang tidak adil, sesungguhnya Tuhan
sangat adil, insan yang garis hidupnya memiliki kekayaan adalah dikarenakan
pada masa kehidupan lampaunya suka berdana, bukan pada kehidupan sekarang ini.
Di dalam garis hidup tidak memiliki kekayaan, namun
terlahir di dalam keluarga kaya, bukankah dengan demikian dia juga akan ikut
menikmati kesenangan bukan? Memang benar. Di dalam garis hidupnya dia tidak
memiliki kekayaan, namun dia berjodoh dengan ayahbundanya, lalu dia lahir dan
ketika ayahbundanya sudah meninggal dunia, dia menjadi pewarisnya, hanya dalam
waktu beberapa tahun saja harta tersebut sudah ludes. Inilah yang disebut
dengan anak durhaka yang menghabiskan harta keluarga, mengapa demikian? Karena
di dalam garis hidupnya tidak ada kekayaan.
Insan yang dapat meneruskan karir keluarga, bahkan
dapat memajukannya, ini karena ada di dalam garis hidupnya, aturan ini tidak
boleh tidak diketahui. Bagaimana cara dia memupuk kekayaan yang ada di dalam
garis hidupnya? Pada kelahiran lampaunya suka berdana, beginilah datangnya
kekayaan, semakin banyak berdana semakin banyak yang diperolehnya, semakin
banyak yang diperoleh semakin giat berdana, inilah benih yang ditanam oleh para
hartawan.
Orang pintar dan bijaksana adalah karena melakukan
Dharma Dana, apa yang diketahui diri sendiri takkan menyembunyikannya, tidak
pelit ilmu, mau mengajari orang lain, terutama berharap agar orang lain dapat
lebih maju daripada dirinya sendiri, dapat berada di atas diriku, orang yang
mengalah ini memiliki kebijaksanaan yang besar.
Kesehatan dan panjang umur diperoleh dari melakukan
Abhaya Dana, ketika orang lain sedang menghadapi kesulitan dan penderitaan,
maka kita membantunya untuk mengurai kesusahannya, membantunya agar dapat
melewati saat-saat susah dengan selamat, ini sungguh bernilai, buah akibat yang
diperoleh adalah kesehatan dan panjang umur.
Lihatlah tiga hal ini, kekayaan, kepintaran,
kesehatan dan panjang umur, merupakan harapan setiap insan di dunia ini. Maka
itu di dalam Buddha Dharma dikatakan bahwa “Dalam pintu Ajaran Buddha, segala
permohonan dapat terkabulkan”, apa yang diinginkan semua orang tak terpisahkan
dari ketiga hal ini, Buddha membabarkan dengan jelas Hukum Sebab Akibat dari
ketiga jenis Dana ini, setelah memahaminya maka anda haruslah mengamalkan
sesuai dengan ajaran, maka buah akibatnya juga akan anda peroleh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Agustus 2014
凡夫之人都想發財,而財是命中注定的,由不得自己。命裡沒有財,要懂得安分守己,為什麼?不是老天不公平,老天非常公平,那個人命裡有財前世修的,不是這一世。命裡沒有財,生到一個富貴人家,那生下來不就享福了嗎?沒錯。他命裡沒有修財的話,他有這個福報,是跟父母有這個緣分,他來了;到父母不在了,他當家做主,幾年就敗光了,這敗家子,為什麼?命裡沒有。
能夠繼承祖宗事業的,還能夠向上提升的,命裡有,這個道理不能不知道。他命裡那個財怎麼修的?過去生中修財布施,歡喜財布施,是這麼來的,而且愈施愈多、愈多愈施,這是大富長者他所修的因。聰明智慧是法布施來的,自己知道的東西沒有隱瞞、沒有吝嗇,肯教人,特別是希望別人修得比我更好,能在我之上,這個人是大智慧。
健康長壽是無畏布施,人遇到艱難困苦的時候,他能夠幫助他化解,幫助他平安度過,這了不起,這個果報是健康長壽。你看看,這三樣東西,財富、智慧、健康長壽,都是每個人希求的。所以大乘教裡常說「佛氏門中,有求必應」,世間人求的不外乎這些,佛把因果報應,善有善果、惡有惡報,把三種布施業因果報講清楚、講明白了,你如法照做,你三種都得到,不是假的。
二零一四淨土大經科註 (第九十集) 2014/8/13