Kami telah berusia lanjut, tidak bisa menanti lagi,
tidak ada begitu banyak waktu yang dapat kami mubazirkan, maka itu setiap detik
tidak boleh terlewatkan sia-sia, jika saya memiliki waktu satu detik maka saya
akan segera melafal Amituofo, sedetik pun tidak boleh terlewatkan. Kita jangan
menyalahkan orang lain, seharusnya menyalahkan diri sendiri, detik demi detik
berlalu dengan kekosongan, ini adalah kesalahan besar, tidak ada kesalahan di
dunia yang lebih berat daripada kesalahan ini, mengapa anda sempat melupakan
lafalan Amituofo? Masih menaruh benda semu dunia ini di hatimu, mana boleh!
Saat kini anda masih memiliki tubuh manusia, segala
fenomena semu ada di sekelilingmu; setelah meninggal dunia, tubuh kasar sudah
tidak ada lagi, telah melepaskan, lingkungan sekitar kita, lingkungan fenomena
ini juga takkan tampak lagi, bagaikan mimpi, khayalan, gelembung sabun dan
bayangan, ini barulah kenyataan yang sesungguhnya.
Di dalam Avatamsaka Sutra dijelaskan dengan rinci, tidak
ada sesuatu apapun yang dapat dibawa pergi. Hanya satu yang dapat dibawa pergi
yakni karma, karma baik dan karma buruk yang dilakukan baik melalui tindakan,
ucapan maupun pikiran, perbuatan baik berbuah terlahir ke tiga alam bajik, perbuatan
buruk berbuah terlahir di tiga alam rendah. Anda harus tercerahkan, tidak boleh
ke tiga alam rendah, namun terhadap tiga alam bajik, jika anda masih menaruh
minat, maka ini sungguh celaka, anda tidak tahu bahwa tiga alam rendah adalah
setara dengan tiga alam bajik, darimana dia berasal? Kekuatan karma yang
memunculkannya. Tiga alam penderitaan adalah untuk mengeliminasi rintangan
karma dari karma buruk, tiga alam bajik adalah untuk mengeliminasi rintangan
karma dari karma baik, semua ini adalah rintangan karma.
Setelah anda memahami dengan jelas kenyataan yang
sesungguhnya, barulah menyadari bahwa benih karma baik dan
benih karma buruk adalah setara, tiga alam bajik dan tiga alam rendah juga
adalah setara, bukanlah benar-benar ada, namun adalah kekosongan, tidak dapat
diperoleh. Tidak dapat diperoleh ini, di dalamnya anda memaksakan kehendak
harus bisa memperolehnya, ini sungguh melelahkan, ini disebut khayalan,
perbedaan dan kemelekatan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3
Agustus 2014
我們年歲大了,不能等了,沒有那麼多時間給你浪費,所以要分秒必爭,我有一秒時間,我念一句阿彌陀佛,一秒都不能空過。我們不要責備別人,要責備自己,分分秒秒空過了,這是大過失,世間任何過失沒有比這個過失更重的,你為什麼把佛號丟掉了?還把世間這些假的東西放在心上,怎麼得了!你現在人身體在,周邊這些假相也存在;死了之後,身體不見了,放下了,我們的環境,現實的環境也不見了,如夢幻泡影,這才是事實真相。《華嚴經》上講得很清楚,前面我們念過,沒有一樣東西你能帶得走。什麼東西能帶走?業,起心動念、言語造作的這些善業、惡業,善業感三善道,惡業感三惡道。你一定要覺悟,三惡道不好,不去,三善道好,你要貪著,你就壞了,你不知道三惡道跟三善道是平等的,它從哪裡來的?業力變現的。業力變現起什麼作用?消業障,三惡道是消惡業的業障,三善道是消善業的業障,全是業障。你真正把事實真相搞清楚、搞明白,你才曉得善因、惡因是平等的,三善道跟三惡道也是平等的,都不是真的,都是當體即空,了不可得。不可得裡頭你一定要以為有可得,累死了,這就叫妄想、分別、執著。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第八十三集) 2014/8/3
Di Tiongkok, rupang Bodhisattva Maitreya diukir
dalam wujud seorang Bhiksu yang mengangkat kantong kain, benar-benar ada orang
yang sedemikian, dan kisah nyatanya. Pada masa Dinasti Song Selatan, dia muncul
di Provinsi Zhejiang Kabupaten Fenghua. Marga dan namanya tidak ada tercatat
secara rinci. Di dalam “Riwayat Bhiksu Senior” ada tercantum tentang kisahnya,
yakni kisah Bhiksu Kantong. Tidak tahu darimana asal usulnya, hanya diketahui
di Fenghua muncul seorang Bhiksu yang mengangkat kantong kain di pundaknya,
berpindapatra ke mana-mana, benda hasil persembahan umat langsung dimasukkan ke
dalam kantongnya, lalu mengangkat kantong kain dan pergi, maka itu orang-orang
menyebutnya sebagai Bhiksu Kantong.
Saat menjelang ajal dia begitu leluasa, saat
menghadapi ajal, dia berkata pada semua orang bahwa dia adalah jelmaan dari
Bodhisattva Maitreya, selesai berkata langsung meninggal dunia, ini boleh
dipercaya. Jika ada yang mengaku dirinya sendiri adalah jelmaan Buddha atau
Bodhisattva, tetapi setelah mengaku tapi tak pergi-pergi, ini adalah samaran
palsu.
Jika sudah mengaku keluar berarti identitasnya
sudah terbongkar, maka Dia akan segera pergi, ini adalah jelmaan asli. Tidak
ada yang mengenalnya waktu sebelumnya, Dia mengaku bahwa diriNya adalah jelmaan
Bodhisattva Maitreya, kemudian orang Tiongkok mengukir rupang Bodhisattva
Maitreya menyerupai Bhiksu Kantong.
Sungguh kebetulan rupang Bhiksu Kantong sangat
sesuai dengan nama Bodhisattva Maitreya, mengapa demikian? Tahu berpuas diri,
senantiasa bersukacita, perut besar dapat berlapang hati, inilah maknanya.
Hati seluas jagat raya mampu merangkul seluruh
semesta, tidak ada yang tidak dapat dimaafkannya.
Orang Tiongkok menempatkan rupangNya di gerbang
pintu vihara, disampingnya adalah rupang Catur Maharajika Kayika (Empat Raja
Dewa), apa makna dari peletakan rupang ini? Yakni harus berlapang hati dapat
memaafkan, senantiasa bersukacita, barulah anda boleh memasuki pintu Ajaran
Buddha. Ini adalah syarat pertama yang harus dipersiapkan sebelum memasuki
pintu Ajaran Buddha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 Agustus 2014
在中國,我們造彌勒菩薩的像是布袋和尚,真有其人,真有其事。他是在宋朝,南宋高宗的時代,出現在浙江奉化。他姓什麼,名字叫什麼,生平沒有詳細記載。《高僧傳》裡頭有他,有布袋和尚。不知道他是從什麼地方來的?在奉化一帶,背了一個布袋常常出去化緣,人家供養他的,就往布袋一放,提了布袋就走,所以稱他作布袋和尚。他的名諱沒傳,只傳出布袋和尚。他臨終的時候也是非常瀟灑,臨終告訴大家,他是彌勒菩薩的化身,說完,他真就走了,這個是可以相信的。說他是什麼人再來的,說了不走,那是假的,不是真的。如果說了,就是身分暴露,他就走了,這是真的。沒人知道他,他自己宣布他是彌勒菩薩,以後中國人塑彌勒菩薩就塑他的像。確實這個像跟彌勒這個名號相應,為什麼?知足、常樂,常生歡喜心,肚皮大能包容,取這個意思。心包太虛,量周沙界,沒有不能包容的。中國人把他的塑像放在山門,門口,面對著山門,旁邊是護法四天王,俗稱四大金剛。把他供在天王殿當中表法,意思是什麼?必須有大肚量能包容,常生歡喜心,你才能入佛門。把他代表入佛門必須具備的第一個條件,好!
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第八十四集) 2014/8/3